Contextual Learning

Learning resources that can be used as a reference for the tasks college education majoring in English.


STANDAR KOMPETENSI dan KOMPETENSI DASAR
Bahasa Inggris
Kelas VII Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
     1.      Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

      1.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum dikenal/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain, dan memerintah atau melarang.
     1.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan yang sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.

      2.      Memahami makna dalam teks    lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
      2.1  Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
      2.2   Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Berbicara
      3.      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

      3.1   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum dikenal/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain, dan memerintah atau melarang.
      3.2  Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan yang sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.

      4.      Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
      4.1  Mengungkapkan makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
      4.2  Mengungkapkan makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Membaca
      5.      Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

      5.1  Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi ysng berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
      5.2  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan  dengan lingkungan terdekat.

      6.      Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
      6.1  Mengungkapkan makna gagasan yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
      6.2  Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.


Kelas VIII Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
      1.      Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

      1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan menolak jasa, meminta, memberi dan menolak barang, mengakui, mengingkari fakta dan meminta dan memberi pendapat.
      1.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima, dan menolak ajakan, menyetujui/ tidak menyetujui, memuji dan memberi selamat.

      2.      Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
      2.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

       2.2  Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount.

Berbicara
      3.      Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

      3.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan menolak jasa, meminta, memberi dan menolak barang, mengakui, mengingkari fakta dan meminta dan memberi pendapat.
      3.2  Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima, dan menolak ajakan, menyetujui/ tidak menyetujui, memuji dan memberi selamat.

       4.      Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
       4.1  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
      4.2  Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount.

Membaca
      5.      Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

      5.1  Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi ysng berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
      5.2  Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan  dengan lingkungan sekitar.
      5.3  Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Menulis
      6.      Mengungkapkan makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

      6.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
      6.2  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount.





0 Response for the "SK dan KD SMP kelas 7 & 8 semester 1"

Posting Komentar

Pengikut