STANDAR KOMPETENSI dan KOMPETENSI DASAR
Bahasa Inggris
Kelas VII Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
|
1.1
Merespon makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum
dikenal/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain, dan
memerintah atau melarang.
1.2
Merespon makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan yang
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi
informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan
kesantunan.
|
2.
Memahami makna dalam teks lisan fungsional
pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
|
2.1
Merespon makna tindak tutur yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
2.2
Merespon makna gagasan yang terdapat dalam
teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
|
Berbicara
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
|
3.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum
dikenal/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain, dan
memerintah atau melarang.
3.2
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang
menggunakan ragam bahasa lisan yang sangat sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.
|
4.
Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat.
|
4.1
Mengungkapkan makna tindak tutur yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
4.2
Mengungkapkan makna gagasan yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
|
Membaca
5. Memahami
makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat.
|
5.1
Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan
kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi ysng berterima yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat.
5.2
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat.
|
6.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat.
|
6.1
Mengungkapkan makna gagasan yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
6.2
Mengungkapkan langkah retorika dalam teks
tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
|
Kelas VIII Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
1.1
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan menolak
jasa, meminta, memberi dan menolak barang, mengakui, mengingkari fakta dan
meminta dan memberi pendapat.
1.2
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima, dan
menolak ajakan, menyetujui/ tidak menyetujui, memuji dan memberi selamat.
|
2.
Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk descriptive
dan recount untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar.
|
2.1
Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.2
Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount.
|
Berbicara
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
3.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan menolak
jasa, meminta, memberi dan menolak barang, mengakui, mengingkari fakta dan
meminta dan memberi pendapat.
3.2
Memahami dan merespon percakapan transaksional
(to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima, dan
menolak ajakan, menyetujui/ tidak menyetujui, memuji dan memberi selamat.
|
4.
Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
4.1
Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
4.2 Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive
dan recount.
|
Membaca
5. Memahami
makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
5.1
Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional
dan esei berbentuk descriptive dan recount pendek dan sederhana dengan
ucapan, tekanan dan intonasi ysng berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional
pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
5.3 Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
Menulis
6. Mengungkapkan
makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
6.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis
fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
6.2 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount.
|
Tweet to @dennydixie
0 Response for the "SK dan KD SMP kelas 7 & 8 semester 1"
Posting Komentar